Jumat, 26 November 2010

Renunganku

Kemarin ada upacara peringatan Hari Guru dan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang ke-65. Hujan pagi itu belum juga berhenti sementara jam telah menunjukkan waktu pukul 09.00. Akhirnya, tepat pukul 09.10 setelah hujan reda maka upacara pun dimulai. Pelaksanaannya begitu sederhana namun penuh khidmat, lebih-lebih setelah kelompok paduan suara menyanyikan lagu Hymne Guru yang baru yang tidak  lagi menggunakan lirik pahlawan tanpa tanda jasa. Lalu dilanjutkan dengan lagu Terima Kasihku dan diakhiri dengan lagu Syukur.
Setelah upacara selesai, di benak aku masih berkecamuk beberapa hal; yang pertama, adalah akankah kita semakin profesional seperti harapan Menteri Pendidikan Nasional melalui pidato seragamnya yang dibacakan oleh Camat Bontoharu; yang kedua, adakah semua orang berpendapat bahwa penghasilan guru kurang mencukupi atau kita hanya kurang bersyukur; yang ketiga, seberapa pedulikah rekan guru untuk mengupayakan peningkatan SDM anak didiknya; dan yang keempat, akankah kita mencapai tujuan akhir pendidikan nasional kita yaitu mewujudkan manusia Indonesia yang seutuhnya?
Akhirnya, mewakili murid, pelajar, siswa, dan mahasiswa, aku mau mengucapkan Selamat Ulang Tahun PGRI, jayalah selalu dan teruslah berkarya mencetak generasi yang handal dan dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar